Pages

Selasa, 11 Februari 2014

Makhluk Laut Bebahaya

Beberapa biota laut dapat membahayakan penyelam bila penyelam tersebut mencoba mengusiknya. Semuanya bisa dhindari apabila si penyelam telah mempelajari biota laut tersebut dengan benar.
ml11.    Hiu/ Sharks
Lebih dari 200 specieas ikan hiu yang hidupnya di air laut, umumnya di perairan dalam. Ukurannya sangat bervariasi mulai dari 60 cm hingga 12 m. Tetapi hanya sekitar 10 – 15 jenis yang dinilai cukup agresif dan berpotensi dapat menyerang manusia. Salah satu hiu yang sangat agresif Hiu Putih Raksasa (Great White Shark)

ml22.    Ikan pari/ Stingray
Tubuhnya pipih hampir seperti sebuah cakram berbentuk segi lima (poligobal). Berbuntut panjang, memiliki duri pecut penyengat, penyengat tersebut sering disebut ‘Sting”, ia suka berdiam diri dalam pasir, akan menyengat bila terinjak, kecepatan lecut sengatnya mencapai 40 mil/ jam, artinya sangat berbahaya, mampu menembus betis anda bila terinjak serta berbisa.



ml33.    Belut Moray/ Moray Eel
Tubuhnya agak pipih dan berwarna kecoklatan, tinggal pada lubang-lubang terumbu karang, makanannya ikan-ikan kecil, giginya sangat tajam, sifatnya agak pemalu, hindari, jangan menyentuh karena akan berpotensi terkena gigitannya.




ml44.    Ubur – Ubur/ Jelly Fish
Sekian banyak ubur-ubur, ada jenis yang mempunyai bisa sangat mematikan bila tersengat. Terasa terbakar dan tidak sadarkan diri, bahkan ada beberapa spesies yang mampu membunuh seorang anak kecil.


ml55.    Bulu Babi/ Sea Urchin
Biota laut berbentuk bulat seperti bola, yang seluruh tubuhnya dikelilingi oleh duri-duri panjang. Bergerak dengan berenang dengan menggulingkan badannya  pada duri tersebut. Durinya sangat berbisa dan mudah sekali menusuk kulit bila tersentuh.


6.    Barracuda
ml6Spesies ini bertendensi menyerang bila melihat benda yang berkilat. Ada beberapa jenis yang dapat tumbuh hingga 2 meter panjangnya. Gigi geliginya sangat tajam, setajam silet dan akan membentuk V pada bekas gigitannya.


7.    Sea Snake
ml7Ular laut dikenal dengan bisanya yang sangat kuat, tercatat bahwa bisa ular laut 4 – 5 kali lebih berbisa dari ular yang paling berbisa di darat. Sifatnya selalu ingin tahu dan pemalu, mulutnya kecil sekali, panjang, giginya berkisar 2 mm. Dianjurkan agar penyelam menggunakan baju selam yang berukuran tebal minimal 3 milimeter.

8.    Ikan Batu – Stone Fish
ml8Tubuhnya memiliki kemampuan menyamar yang sangat sempurna, sehingga bila kita tidak awas, akan nampak seperti seonggok batu karang. Diujung siripnya terdapat duri yang sangat berbisa yang menyebabkan kesakitan yang luar biasa bila tersengat.


9.    Ikan Singa – Lion Fish
ml9Ikan ini cantik, anggun dan indah, tetapi diujung sirip-siripnya terdapat duri-duri yang sangat berbisa yang bila tersengat akan menyebabkan kesakitan dan pembengkakan hebat


10. Hidroid penyengat/ Stinging Hydroid
ml10
Jenis karang lunak berwarna putih atau kecoklatan seperti bulu ayam. Sangat gemulai bila ada arus yang berlalu. Akan tetapi terdapat bisa yang kuat, sangat gatal dan sakit bila tersentuh.


ml1111. Gurita/ Octopus
Memiliki 8 buah tentakel yang mampu menghisap dengan sangat kuat. Ia memakan mangsanya dengan cara menghisapnya terlebih dahulu kemudian digigit.



ml12
12. Mahkota berduri/ Acanthaster
Biasanya ditemukan didaerah berkarang dan tubuhnya dikelilingi duri penyengat yang berbisa. Dapat menimbulkan sakit dan bengkak bila tersengat.


ml13Kerang Batik Kerucut/ Cone Shell
Beberapa jenis atau spesies kerang berbentuk kerucut (cone) sangat berbisa dan berbahaya. Mereka memiliki sengat yang sangat berbisa, beberapa kasus dapat menyebabkan kematian.


Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar